Minggu, 14 Juni 2015

USULAN PELESTARIAN

Kesimpulan

Kawasan Suryakencana memiliki karakteristik khas Pecinan yang terbentuk dari elemen fisik (tangible) dan non-fisik (intangible). Yang termasuk ke dalam elemen fisik adalah : elemen lanskap alami yang diapit oleh Sungai Ciliwung dan Sungai Cipakancilan, dengan tata letak mengikuti geomancy (feng shui) jalur naga dari Kelenteng Hok Tek Bio sebagai kepala naga di utara kemudian pertokoan dan permukiman yang memanjang ke selatan sepanjang Jalan Suryakencana sebagai badan naga, rumah dan rumah toko yang memiliki arsitektur khas Tionghoa dan arsitektur Indis, kelenteng dan jalan. Sedangkan yang termasuk ke dalam elemen non-fisik adalah : adat dan budaya seperti adat sehari-hari dan aktivitas budaya (Tahun Baru Imlek, Cap go meh, Peh Cun, dan lainnya).



Usulan Pelestarian


  • Untuk melaksanakan upaya pelestarian yang diusulkan perlu adanya dukungan dan koordinasi dari semua pihak yang terkait, seperti masyarakat, pemerintah, para ahli.
  • Upaya pelestarian lanskap Pecinan Suryakencana perlu dilakukan secara terintegrasi dengan keseluruhan aspek pembangunan Kota Bogor, khususnya Kecamatan Bogor Tengah.

1 komentar: